Mesin Pedal Sealer

Mesin Pedal Sealer

Mesin pedal sealer adalah mesin pengemas plastik yang merupakan perkembangan dari mesin hand sealer. Jika mesin hand sealer menggunakan tekanan tangan untuk merekatkan plastik, mesin pedal sealer memiliki cara yang lebih praktis cukup dengan menekan pedal yang ada dibagian bawah dengan menggunakan kaki. Mesin pedal sealer dapat merekatkan plastik dari berbagai macam jenis seperti alumunium foil, PVC, PP, polystyrene dan lainnya. Dengan menggunakan mesin pedal sealer, produk-produk yang dimasukan kedalam kemasan plastik akan tersegel dengan rapi, kedap udara dan otomatis memperpanjang masa kedaluarsa serta keawetanya. Satu hal yang membedakan antara mesin ini dengan mesin hand sealer adalah kekuatan eprekatan yang dihasilkan. Pada pedal sealer dengan menggunakan kekuatan kaki untuk menutup kemasan akan membuatnya merekat lebih kuat dan tentu saja penggunaan dua tangan untuk memegang makanan yang akan dikemas membuatnya terlihat lebih rapi.cara kerja dari mesin ini juga hampir sama dengan mesin hand selaer yang mengubah listrik menjadi sebuah induksi panas yang dialurkan ke alat eprekat pada mesin tersebut sehingga filament yang terdapat dalam plastik terserap dan menghasilkan sebuah rekatan yang sempurna. Rekatan inilah yang nanti menjadi batas antara makanan dan udara luar agar tidak tercampur aduk karena jika terjadi demikian maka makanan akan cepat membusuk dan cepat rusak. Apalagi pada makanan seperti roti yang mempunyai waktu jual tidak lama. Mesin pedal sealer akan sangat membantu pada produksi makanan kemasan yang membutuhkan waktu cepat dan tepat untuk pengemasan makanannya. Penggunaannya juga dirasa lebih mudah dibandingkan pada mesin yang menggunakan tangan dan tentu saja besaran listrik menjadi lebih besar dibandingkan dengan mesin tangan.

Terdapat dua jenis pedal sealer yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya bisa membantu untuk mengemasi barang secara maksimal. Pertama yakni pedal impulse sealer yang digunakan untuk bahan-bahan plastik yang terbuat dari PE, PP, dan PVC. Cara kerja jenis ini adalah dengan menginduksi satu sisi dari bahan yang digunakan atau bahan plastik yang ingin direkatkan dan sisi lainnya digunakan sebagai isolator panas untuk menghindari lelehan plastik menyebar ke area yang lain. Jadi terdapat dua cara kerja dalam satu meisn press yakni merekatkan dengan konduktor panas dan yang lainnya mendinginkan atau melindungi bagian lain dari plastik agartidak terkena panas konduktor. Jenis berikutnya adalah pedal direct sealer yang cocok digunakan pada bahan plastik yang terbuat dari campuran polyster, alumunium oil, cooper foil, tin chan, dan cellophon yang mempunyai bahan lebih tipis dan mudah meleleh jika terkena konduktor panas. Oleh karena itulah mesin yang cocok adalah mesin yang mempu menginduksi panas ke kedua sisi agar rekatan pada plastik bisa lebih kuat dan lebih sempurna. Kedua jenis pedal sealer inilah yang paling banyak digunakan dalam industri sehingga hanya tinggal melihat bahan yang digunakan pada kemasan tersebut. Tentunya bahan dari kemasan melihat dan tergantung pada bahan yang ada di dalam kemasan tersebut. Apabila bahan makanan yang dikemas merupakan makanan jenis kerupuk maka plastik tebal lebih direkomendasikan agar kerupuk bisa tahan lama dan tidak mudah terkontaminasi dengan udara luar yang bisa membuatnya rusak.

Mesin press atau mesin pedal sealer memiliki keunggulan yang terlihat dari panas yang secara otomatis mengatur sesuai dengan plastik yang akan dipress sehingga tidak memerlukan lagi perkiraan untuk suhu pada konduktor perekat plastik. Selain itu pada mesin ini menggunakan teknologi anti over heating atau bisa mengendalikan panas ketika sudah mencapai suhu maksimum. Hal ini sangat berguna agar plastik yang digunakan untuk mengemas tidak mudah meleleh dan justru merusak isi produk yang ada di dalamnya. Yang membedakan mesin ini dengan yang lainnya adalah penggunaan listrik yang hanya berfungsi ketika pedal diinjak karena ketika pedal tidak diinjak maka otomatis mesin tidak membutuhkan listrik. Selain itu masih terdapat alat yang akan mengantisipasi apabila terdapat kerusakan atau ketidakstabilan pada listrik sehingga mesin akan otomatis mati dan tidak dapat digunakan ketika aliran panas dari listrik tidak sesuai dengan semestinya. Jadi bila ingin mengemas dengan cara yang lebih praktis dan mudah bisa mencoba menggunakan mesin pedal sealer.

Mesin Pedal Sealer

Tahukah anda apa itu mesin pedal sealer? Mesin pedal sealer merupakan salah satu jenis mesin canggih yang digunakan untuk alat mengemas kemasan kantong plastik. Adapun bahan pengemas kantong plastik yang dapat digunakan untuk mesin pedal sealer ini yaitu

  • PP
  • PVC
  • PE
  • Cellophone
  • Alumunium Foil
  • Copper Foil
  • Tin Foil
  • Polystyrene

Cara kerja mesin pedal sealer

Mesin pedal sealer bekerja dengan prinsip menginduksikan panas dari lapisan filament ke lapisan Teflon kemudian disalurkan ke dalam lapisan plastik. Selanjutnya panas yang dihasiljan dari filament akan terserap oleh plastik sehingga perlahan akan membuat plastik merekat. Rekatan pada plastik inilah yang akan menyegel produk agar terhindar dari terkontaminasi udara bebas.

Ada dua jenis mesin pedal sealer yaitu

Pedal Impulse Sealer

Pedal Direct Sealer

Kedua jenis mesin Pedal sealer ini memiliki keunggulan tersendiri. Namun fungsinya tetap sama sebagai alat pengemas.

Fungsi mesin pedal sealer (Impulse), digunakan untuk mengemas dan menyegel kemasan kantong plastik yang bahan plastiknya terbuat dari PVC, PE, dan PP dengan ketebalan maksimal 1-15 micron yang bekerja dalam menginduksikan panas hanya dari satu sisi saja sementara sisi lainnya hanya diisolasikan panas (tidak melelehkan seluruh bagian).

Fungsi Mesin Pedal Sealer (Direct) digunakan mengemas dan menyegel kemasan yang berbahan Cellophone, Alumunium Foil, Cooper Foil, Tin Can, dan Campuran Polystyrene yang bekerja dengan cara menginduksikan panas pada kedua sisi sehingga panas terserap secara menyeluruh ke seluruh kemasan plastik.

Keunggulan Mesin Pedal Sealer

  • Mesin Pedal Sealer punya fitur pengontrol panas secara otomatis, sehingga pengguna tidak perlu lagi mengontrol suhu secara manual jadi suhu akan otomatis menyesuaikan keadaan.
  • Mesin Pedal Sealer memiliki fitur sistem anti over heating yang akan menjamin keamanan pada para penggunanya.
  • Mesin Pedal Sealer sangat hemat daya listrik saat mesin pedal dinyalakan.
  • Mesin Pedal Sealer memiliki sekring akan dapat mencegah kerusakan sirkuit listrik bila tegangan listrik tidak stabil.
  • Mesin Pedal Sealer memiliki bobot mesin yang ringan sehingga lebih mudah digunakan dan hemat tenaga.
  • Mesin Pedal Sealer memiliki pengoperasian yang sangat mudah. Bahkan untuk pemula sekalipun bisa mengoperasikannya mesin ini. Dimana dengan mesin ini akan membuat proses pengemasan produk menjadi lebih mudah dan cepat. Bahkan hasil pengemasannya terlihat lebih rapih dan hasil tutup segelnya sangat rapat.

Peluang Usaha Dengan Mesin Pedal Sealer

Saat ini sudah mulai banyak bermunculan produk produk makanan dalam kemasan plastik. Sehingga membuat usaha makanan atau minuman kemasan plastik menjadi mudah.

Penggunaan kemasan plastik untuk kemasan makanan dirasa lebih praktis dan lebih higienis. Pengemasannya juga menjadi lebih mudah dan cepat. Apalagi saat ini telah hadir mesin pedal sealer yang akan mempercepat proses pengemasan produk. Dengan mesin pedal sealer pun anda tak perlu khawatir makanan kemasan anda akan membusuk atau melempem, karena hasil perekatan plastik sangatlah rapat.

Nah, kini saatnya anda yang berpikir untuk mulai beralih menggunakan mesin pedal sealer ini untuk usaha anda. Dijamin akan ada banyak keuntungan yang didapatkan dari mesin pedal sealer bagi usaha anda. Khususnya akan membuat produk minuman atau makanan anda menjadi lebih berkualitas dan menarik.

Nah itulah informasi mesin pedal sealer, jadi tunggu apalagi? Sekarang waktunya anda yang memiliki mesin ini. Anda bisa membeli mesin pedal sealer ini dan menggunakan mesin ini dengan sebaik mungkin. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda terutama bagi para pengusaha yang sedang mencari mesin canggih untuk menciptakan produk makanan atau minuman kemasan yang berkualitas.