Mesin Ribbon Mixer

Mesin Ribbon Mixer

Apakah Anda berminat membangun sebuah bisnis yang Anda impikan? Bisnis apakah yang hendak Anda rintis? Sebelum memulai bisnis, ada baiknya Anda persiapkan segala keperluan agar bisnis yang Anda rintis berjalan sesuai dengan harapan Anda. Dalam sebuah industri, pastinya ada satu tahap atau proses pengolahan produk yang menggunakan alat khusus untuk mempermudah proses pengolahan tersebut. Tahap atau proses yang dimaksud adalah proses pencampuran bahan-bahan yang hendak diolah menjadi suatu jenis produk yang memiliki nilai manfaat. Proses pencampuran berbagai bahan ini tak hanya memerlukan tenaga operasional saja, melainkan juga peralatan industri agar efektif dan efisien serta hasilnya optimal. Proses pencampuran atau dalam bidang industri disebut tahap mixing ini dilakukan dengan tujuan untuk menggabungkan atau mencampurkan beberapa bahan menjadi satu adonan yang tercampur sempurna. Bahan-bahan yang hendak dicampurkan bisa berupa powder, bahan setengah kering, atau bahkan bahan basah. Bahan yang hendak dicampurkan dapat berbentuk apa saja dan dalam jumlah berapa saja (sesuai dengan kebutuhan). Oleh karena itu, proses pencampuran ini tak lain adalah proses pencampuran bahan-bahan dengan bentuk, ukuran/ jumlah/ takaran, tekstur, dan warna yang bervariasi untuk dijadikan satu adonan yang tercampur dengan baik. Bentuk dan jenis bahan campuran nantinya akan menentukan jenis impler atau blade yang akan digunakan. Bentuk blade yang digunakan biasanya akan disesuaikan dengan bentuk, tekstur, dan jenis bahan-bahan yang akan dicampukan. Sedang untuk bahan cair, proses pencampuran dan pengadukan dilakukan di dalam tabung atau bejana yang berbentuk silinder dengan sumbu vertikal. Bagian atas silinder berupa bagian terbuka yang juga dilengkapi dengan tutup yang dapat dibongkar-pasang. Sementara itu, komponen mesin yang disebut impler memiliki bentuk yang beragam sesuai dengan pola pengadukan.

Manfaat dan Proses Kerja Mesin Ribbon Mixer

Mesin ribbon mixer adalah mesin yang didesain khusus untuk mencampur dan mengaduk bahan-bahan yang berupa serbuk atau tepung agar menjadi adonan homogen. Mesin ini umum dimanfaatkan sebagai properti utama di industri-industri dengan kapasitas produksi besar seperti industri makanan ringan, industri bahan makanan instan, industri pakan ternak, industri farmasi, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Jenis bahan yang dapat diolah dengan menggunakan mesin ini adalah bahan-bahan yang berupa powder atau tepung kering. Bahan-bahan ini kemudian dicampur dan diaduk hingga tercampur rata. Mesin ini bekerja dengan cara mengaduk bermacam-macam bahan yang telah dimasukan ke dalam tabung mesin. Umumnya kapasitas mesin cukup beragam, mulai dari 50 kg hingga 300 kg dengan rata-rata durasi pengadukan 1 jam. Mesin ditenagai oleh mesin diesel atau motor listrik. Dengan kapasitas besar ini, tentu hasil adukan atau adonan yang didapatkan juga akan banyak. Alhasil Anda pun dapat berhemat, baik tenaga maupun waktu. Bandingkan jika Anda mengaduk adonan secara manual; berapa kilogram yang Anda hasilkan per-hari-nya. Pastinya jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan mengaduk dengan menggunakan mesin ribbon mixer.

Peluang Usaha Menggunakan Mesin Ribbon Mixer

Mesin ribbon mixer ini tentunya sangat berguna bagi Anda yang hendak merintis usaha, baik UKM maupun level industri menengah dan besar. Dengan tambahan peralatan industri ini, kegiatan produksi tentu akan jauh lebih lancar, efektif, serta efisien waktu dan tenaga. Anda yang berminat untuk memiliki mesin pencampur ini, terdapat beberapa pilihan ukuran dan spesifikasi. Pastikan Anda memilih mesin ribbon mixer dengan ukuran dan spesifikasi yang tepat. Pastikan juga Anda memilih mesin ribbon mixer dengan fitur blade atau impler yang sesuai dengan kebutuhan.