Harga Mesin Vacuum Packaging

 HARGA MESIN VACUUM PACKAGING | ALAT PENGEMAS KEDAP UDARA

Hasil Aplikasi Mesin Vacuum Packaging
Hasil Aplikasi Mesin Vacuum Packaging

Produsen Makanan Wajib Pakai Mesin Vacuum Packaging Agar Kualitas Produk Terjaga

Salah satu resiko terbesar pengusaha produk makanan ataupun minuman adalah mudah kadaluarsa karena terkontaminasi. Oleh sebab itulah mengapa Anda sangat memerlukan mesin vacuum packaging ketika melakukan pengemasan. Akan sangat berbahaya sekali apabila hal ini sampai diabaikan karena dapat mempengaruhi kualitas dan kondisi dagangan. Mesin vacuum packaging merupakan alat pengemas barang yang mampu menghilangkan udara sebelum proses penyegelan. Prinsip kerjanya termasuk unik yaitu dengan cara menyedot udara atau oksiden di dalam wadah atau plastik kemasan sampai habis. Setelah itu, mesin akan melakukan penyegelan secara otomatis agar tidak ada lagi udara yang masuk ke dalam. Proses tersebut disebut sebagai sealing dengan cara dipanaskan dan ditekan agar kemasan menempel dan tak mudah terlepas. Dalam kemasan yang hampa udara maka produk makanan maupun minuman dapat terjaga dengan baik. Pengurangan oksigen akan mencegah terjadinya penguapan berlebih yang dapat mengakibatkan makanan lembab. Hal tersebut akan memicu timbulnya jamur dan bakteri lain sehingga menjadi cepat kedaluwarsa. Mesin yang satu ini menjadi andalan para produsen dan penjual makanan basah maupun kering, seperti kacang, dendeng, keripik, ikan asap, sosis, roti dan sebagainya.

Mesin vacuum packaging yang kami juga ada beraneka ragam tipe dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Anda bisa memilih serta menggunakannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ada mesin yang tergolong ringan sehingga cocok untuk bisnis rumahan. Namun ada pula yang dilengkapi dengan spesifikasi berat untuk usaha pabrik besar. Ada beberapa jenis model dari mesin tersebut, antara lain mini table, portable, dan juga standing table atau berdiri. Untuk contoh mesin vacuum packaging berukuran kecil seperti  DZ 300 Table, DZ 400 Table, dan DZ 500 Table. Tipe tersebut lebih mudah dipakai karena tidak terlalu makan tempat karena dapat ditaruh pada meja. Anda bisa juga menggunakan mesin pengemas makanan dengan model berdiri seperti pada tipe DZ 400 S, DZ 500 S, dan DZ 600 S. Kalau tipe tersebut bentuknya seperti mesin cuci dimana memiliki empat roda kecil pada bagian bawah. Ini akan sangat memudahkan Anda ketika ingin memindahkan mesin tersebut ke tempat lain. Pengemasan produk makanan dengan ukuran besar bisa dilakukan dengan menggunakan dua jenis mesin tersebut. Akan tetapi tipe yang tepat adalah DZ 500 Table dan DZ 600 S untuk mesin berdiri. Apabila Anda termasuk produsen atau pengusaha kecil-kecilan atau rumahan, maka lebih baik memakai mesin vacuum packaging meja. Hal ini dikarenakan lebih efektif serta efisien dimana mampu menghemat lebih banyak ruangan. Meskipun begitu tetap Anda harus menyesuaikan sendiri sesuai kebutuhan dan keinginan. Oleh sebab itu sebaiknya pastikan dan ketahui terlebih dahulu tipe beserta spesifikasi mesin sebelum membeli.

Tidak rapinya packaging akan membuat udara, bakteri, kuman, dan hewan kecil mudah masuk dan merusak makanan. Meskipun telah dilengkapi dengan bungkus serta ditaruh dalam box tertutup tetapi tidak menjamin produk akan terkontaminasi. Masalahnya udara di sekitar ruangan akan memicu timbulnya resiko pada makanan, misalnya saja tumbuh jamur. Hal ini tentu saja akan membuat usaha Anda cepat merugi dan konsumen merasa kecewa. Tak hanya dipakai para pengusaha makanan saja tetapi masyarakat juga bisa memakai mesin yang satu ini. Ada alat pengemas plastik berbentuk kecil sehingga lebih fleksibel digunakan. Biasanya mesin vacuum packaging ini dipakai oleh para ibu rumah tangga untuk mengemas makanan di dapur sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Ternyata mesin vacuum packaging juga bisa Anda manfaatkan untuk mengemas barang lain selain jenis makanan dan minuman, misalnya saja pada pakaian, selimut, handuk, bantal, serta peralatan elektronik. Tujuannya tetap sama yaitu menghilangkan udara agar mencegah kuman dan bakteri masuk. Pada pakaian, udara akan memicu kondisi lembab sehingga membuatnya cepat berbau apek serta timbul jamur. Mesin vauum packing merupakan suatu mesin yang punya banyak keuntungan,. Tak hanya bagi para produsen maupun pengusaha makanan saja. Akan tetapi juga berguna bagi masyarakat untuk keperluan sehari-hari. Menggunakan mesin tersebut merupakan salah satu trik menjaga agar barang produksi tetap awet dan terjaga. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan kepercayaan dan keuntungan lebih dari para pelanggan.

Cara Kerja Mesin Vacuum Packaging

Oksigen dalam udara dapat bereaksi dengan beberapa senyawa tertentu dalam makanan yang dapat merusak makanan baik itu rasa, aroma,  atau penampilan dan banyak dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan makanan menjadi bususk memerlukan oksigen untuk berkembang. Itulah mengapa mengemas dengan system kedap udara bisa embantu memperpanjang masa penyimpanan. Dengan mengeluarkan udara dari kemasan, pendekatan ini dapat mencegah proses oksidasi dan perkembangan mikrobakteri yang dapat menyebabka kerusakan pada bahan makanan.

Dengan menggunakan pengemasan kedap udara akan membuat makanan yang disimpan menjadi lebih tahan lama hingga tiga atau lima kali. Selain itu, tekstur makanan dan kualitas makanan yang disimpan dalam kemasan kedap udara akan terjaga lebih lama.

Fungsi dari Pengemasan Kedap Udara

Pengemasan dengan Kedap udara secara umum dikerjakan oleh mesin yang didesain untuk  tujuan tersebut. Berikut adalah cara kerja dari pengemasan kedap udara. Pertama- tama, bahan yang akan disimpan dalam pengemas kedap udara dibungkus dengan kantung plastik atau ditempatkan dalam wadah yang sesuai, tergantung dengan tipe bahan yang akan disimpan. Kemudian kemasan ini diletakkan dalam bilik didalam mesin, dimana sebuah pompa akan mengeluarkan udara hingga tekanan mencapai pada level yang diinginkan. Terakhir, mesin pemanas menutup kantung plastik atau wadah lain untuk mencegah udara masuk kembali. Menggunakan panas dan tekanan pada tepian segel kantung plastik secara bersamaan akan menciptakan kemasan tanpa udara yang kencang.

Tekanan Pada Sistem Kedap Udara

Kandungan air pada makanan yang lembab dapat menguap dan menyebabkan beberapa tambahan penguapan. Meskipun demikian, selama sisa tekanan pada kemasan sangat rendah, perbaikan dalam kualitas dan  masa tahan menjadi lebih baik. Produk yang berupa butiran atau berpori akan sulit untuk dikemas dalam kedap udara secara baik karena pori atau lubang dalam produk akan menahan udara dan membuat sulit untuk dihilangkan. Produk bubuk merupakan salah satu tantangan lain, karena ketika mesin menghilangkan udara dari kemasan, aliran udara dapat membawa beberapa serbuk bubuk terbawa oleh udara. Mengubah level tekanan mungkin berguna ketika menyimpan makanan berupa bubuk.

Bakteri Anaerobi

Merupakan hal yang sangat penting untuk menyadari bahwa pengemasan kedap udara tidak mencegah pertumbuhan bakteri secara keseluruhan.  Seperti diketahui bahwa tanpa adanya oksigen, maka bakteri yang ada dalam  makanan yang dapat memunculkan berbagai macam penyakit serta pembusukan pada makanan mati saat adanya proses pengemasan dengan kedap udara.  Beberapa mikrobakteri yang disebut bakteri anaerobi dapat hidup dalam ketiadaan oksigen, terutama dalam lembab, makanan berasam rendah. Diantara  bakteri tersebut yang berbahaya adalah bakteri klostridium botulinum, yaitu bakteri pathogen yang menyebabkan kasus botulism. Jika bahan yang dikemas dalam kemasan kedap udara mudah membusuk dalam suhu ruangan di bawah kondisi yang  normal, maka bahan tersebut harus dibekukan  terlebih dahulu antara 38 dan 40 derajat setelah proses pengemasan kedap udara.

Pertimbangan akan Kegunaan Pengemas Kedap Udara

Meskipun terdapat dua metode yang  terkadang membingungkan, pengemasan dengan kedap udara berbeda dengan system yang disebut pengemasan dengan modifikasi tekanan udara dimana mengandalkan pada sebuah kelembaman gas nitrogen untuk mencegah pembusukan makanan. Sebuah industri arus memilih plastik untuk pengemasan kedap udara secara seksama, karena tidak semua plastik dapat tertembus oleh gas. Seringkali, udara meresap kembali ke kemasan dan mencegah proses dari memperpanjang masa tahan makanan. Permukaan area yang lebih kecil atau menggunakan dua lapisan pembungkus akan dapat membantu mencegah kemungkinan dimana udara masuk kedalam kantung.

Berdasarkan pada kebutuhan dan anggaran biaya, terdapat beberapa jenis mesin kedap udara yang tersedia di pasaran. Mesin pengemas kedap udara manual merupakan jenis yang paling murah, akan tetapi tidak menghilangkan udara dari kemasan secara keseluruhan. Mesin pengemas otomatis akan lebih mahal, namun bekerja lebih efektif dalam menghilangkan udara dari kantung. Dengan menyesuaikan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki, maka keinginan untuk menghemat anggaran akan menjadi lebih baik. Selain menghemat anggaran dalam berbelanja, dengan menggunakan mesin pengemas kedap udara maka dapat menghemat kemungkinan membuang makanan yang busuk dapat dihindari.

Berikut daftar harga mesin vacuum packaging atau alat pengemas kedap udara di Toko Mesin Astro. Dengan harga lebih terjangkau dan kualitas mesin dapat diadu dengan merk lain.

Mesin Vacuum Packaging

Mesin Vacuum Packaging DZ-260
Vacuum Packager DZ-260/PD
Rp 9.950.000
Watt : 570
Panjang Seal 26X5CM
Vacuum Press : 1Kpa
Seal Length & Width : 26 & 5 CM
Chamber Size : 28X38X10Cm
Vacuum Capacity : 8m/h
Berat : 35Kg
Size : 33X48X36Cm
Mesin Vacuum Packaging DZ-300N
Vacuum Packager DZ-300N
Rp 9.250.000
Watt : 1.000
Panjang Seal 26X8CM
Vacuum Press : 1Kpa
Seal Length & Width : 26 & 8 CM
Chamber Size : 38X28X5Cm
Vacuum Capacity : 10m/h
Berat : 40Kg
Size : 49X45X32Cm
Mesin Vacuum Packaging DZ-400
Vacuum Packager DZ-400TN/B
Rp 12.500.000
Watt : 900
Panjang Seal 40X8CM
Vacuum Press : 1Kpa
Seal Length & Width : 40 & 8 CM
Chamber Size : 44X42X7.5Cm
Vacuum Capacity : 20m/h
Berat : 58Kg
Size : 56X50X46Cm
Mesin Vacuum Packaging DZ-400-500/2E
Vacuum Packager DZ-400/2E
Rp 12.750.000
Watt : 1.400
Panjang Seal 40X8CM
Vacuum Press : 1Kpa
Seal Length & Width : 40 & 8 CM
Chamber Size : 44X42X14Cm
Vacuum Capacity : 20m/h
Berat : 110Kg
Size : 48X53X101Cm
Mesin Vacuum Packaging DZ-400-500/2E
Vacuum Packager DZ-500/2E
Rp 15.750.000
Watt : 1.650
Panjang Seal 50X8CM
Vacuum Press : 1Kpa
Seal Length & Width : 50 & 8 CM
Chamber Size : 53X52X14Cm
Vacuum Capacity : 30m/h
Berat : 125Kg
Size : 65X57X101Cm
Mesin Vacuum Packaging DZ-400/2SB
Vacuum Packager DZ-400/2SB
Rp 24.000.000
Watt : 750
Panjang Seal 80X12CM
Vacuum Press : 0,66Kpa
Vacuum Capacity : 2X20m/h
Berat : 170Kg
Size : 104X49X100Cm