Freezer Laboratorium | Kabinet Stainless Steel Pendingin Obat & Vaksin

Freezer Laboratorium atau Kulkas Farmasi Pendingin Obat & Vaksin untuk tujuan penelitian – Laboratorium penuh dengan peralatan canggih. Hal ini karena bahan – bahan yang ada di laboratorium perlu perlakuan khusus. Mulai dari proses persiapan, penggunaan, pengolahan, pembuangan dan penyimpanan biasanya memerlukan bahan khusus. Salah alat yang paling banyak digunakan di laboratorium adalah freezer.

Penggunaan Freezer Laboratorium

Freezer Laboratorium sering digunakan untuk proses persiapan, pengolahan dan penyimpanan bahan kimia. Bahan kimia tertentu ada yang berbentuk cair, sehingga untuk digunakan perlu dibekukan. Hal ini berhubungan dengan proses persiapan menggunakan freezer.

Dalam proses pengolahan, freezer ini digunakan untuk bahan kimia yang hanya bereaksi di kondisi dingin. Untuk proses penyimpanan, ini sudah jelas, bahan kimia tertentu hanya dapat bertahan untuk disimpan lama jika disimpan pada suhu dingin ekstrim. Dari gambaran proses ini, bisa dibilang freezer merupakan salah satu alat penting yang harus ada dalam laboratorium.

Sebetulnya jenis freezer yang ada di laboratorium tidak hanya satu. Perbedaan jenis ini karena kebutuhan yang berbeda. Laboratorium kesehatan rumah sakit tentu membutuhkan freezer yang berbeda dengan laboratorium kimia untuk bahan berbahaya. Berikut adalah pemisahan jenis freezer menurut penggunaannya dalam laboratorium

  • Freezer untuk bahan eksplosif dan bahan berbahaya. Untuk freezer ini biasanya dilapisi bahan pengikat radiasi, sistem keamanan anti ledakan dan juga anti api. Bahan berbahaya memang sering diteliti di laboratorium, freezer ini memastikan agar bahan kimia tetap aman walaupun terjadi kecelakaan.
  • Freezer pemantau. Freezer ini biasanya memiliki pengaturan suhu yang rinci dan dilengkapi sistem pemantau, bahkan ada yang memiliki jendela transparan untuk memudahkan observasi. Freezer tipe ini adalah yang paling umum di gunakan diberbagai laboratorium.
  • Freezer penyimpan bahan organik. Freezer ini biasanya ditemukan di laboratorium bidang kesehatan ataupun rumah sakit. Bentuk freezer ini memiliki sistem sterilisasi yang canggih untuk membunuh bakteri. Penggunaan utama freezer ini adalah untuk mengawetkan bahan organik agar tidak cepat busuk ataupun rusak.
  • Freezer pembeku laboratorium. Beberapa laboratorium canggih menggunakan freezer ini untuk pembekuan dalam waktu cepat. Proses pembekuan ini lebih terkenal dengan sebutan snap freeze. Freezer ini berukuran kecil namun memakan energy listrik yang besar. Dalam penggunaanya, freezer ini mampu membekukan cairan dalam hitungan waktu detik.

Dalam menentukan freezer yang dibutuhkan, Anda harus mengetahui untuk apa freezer ini digunakan. Jika hanya untuk menyimpan, freezer pemantau saja sudah cukup. Tapi jika untuk kebutuhan bahan kimia berbahaya dan bahan organik, Anda membutuhkan freezer tipe lain.

Tips Memilih Freezer Laboratorium

Beriukt adalah hal – hal yang harus diperhatikan sebelum membeli freezer laboratorium

  • Memiliki label jelas dalam penggunaannya (freezer bahan berbahaya, freezer pembeku, atau hanya freezer pemantau biasa)
  • Memiliki rincian penggunaan listrik
  • Sesuaikan ukuran freezer dengan ruangan yang ada di laboratorium
  • Freezer harus memiliki pelindung pada lapisan luar dan kabel agar terhindar dari kerusakan saat ada kecelakaan dalam laboratorium
  • Memiliki sistem kontrol yang akurat
  • Dapat beroprasi konstan dengan suhu yang merata
  • Memiliki fitur kunci atau password
  • Pastikan kompartemen freezer dapat diatur sesuai kebutuhan
  • Memiliki sistem anti beku pada dindingnya untuk menghindari munculnya bunga es

Fitur dan kebutuhan di atas adalah hal yang minimal harus ada saat Anda memilih freezer untuk laboratorium. Sebetulnya untuk freezer modern sudah banyak fitur lain yang bisa jadi bonus. Hal seperti kamera dalam freezer, sistem pintu otomatis dan layar sentuh untuk kontrol sudah banyak digunakan  sebagai standar. Tapi untuk menekan budget, fitur di atas saja sudah cukup.

Freezer Laboratorium Terpercaya dari Astro

Untuk kebutuhan freezer laboratorium, percayakan saja pada Astro. Freezer dari Astro memiliki desain unik dan menarik. Anda bahkan bisa memilih ukuran sesuai kebutuhan. Dijamin pilihan – pilihan yang disediakan banyak dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan laboratorium Anda.

Fitur keamanan dipastikan aman baik untuk kebutuhan menyimpan. Mulai dari bahan organik ataupun bahan beradiasi dapat disimpan di sini. Selain itu lapisan dalam sudah menggunakan pelindung, jadi jika ada kecelakaan di dalam freezer, efek yang ke luar dapat diminimalkan. Ayo tunggu apalagi, pastikan laboratorium Anda menggunakan freezer dari Astro. Dijamin, kebutuhan penyimpanan laboratorium Anda akan menjadi aman, nyaman dan terjamin.

Berikut daftar harga freezer laboratorium / lemari kabinet pendingin stainless steel sebagai kulkas yang mendinginkan obat-obatan & vaksin untuk penelitian.

Laboratories Refrigerator / Freezer / Kulkas Laboratorium

Laboratories Refrigerator LR 600

Kulkas Laboratorium Freezer Fridges Medical

Model & Tipe:LR 600
Voltase:220-240 Volt
Frekuensi:50/60 Hz
Daya Listrik:480 Watt
Refrigerant:R134a
Volume:550 Liter
Jumlah Rak:3 Pcs
Temprature:-2 °- +4 °C
Berat Mesin:130 Kg
Dimensi Mesin:737 x 815 x 1980 mm
Harga:Rp 27.500.000

Laboratories Refrigerator LR 1400

Kulkas Laboratorium dan Kulkas Medis

Model & Tipe:LR 1400
Voltase:220-240 Volt
Frekuensi:50/60 Hz
Daya Listrik:520 Watt
Refrigerant:R134a
Volume:1170 Liter
Jumlah Rak:6 Pcs
Temprature:-2 °- +4 °C
Berat Mesin:190 Kg
Dimensi Mesin:1400 x 815 x 1980 mm
Harga:Rp 36.900.000

Laboratories Freeezer LF 600

Kulkas Laboratorium Freezer Fridges Medical

Model & Tipe:LF 600
Voltase:220-240 Volt
Frekuensi:50/60 Hz
Daya Listrik:690 Watt
Refrigerant:R404a
Volume:550 Liter
Jumlah Rak:3 Pcs
Temprature:-18 °/ -22 °C
Berat Mesin:130 Kg
Dimensi Mesin:737 x 815 x 1980 mm
Harga:Rp 31.000.000

Laboratories Freeezer LF 1400

Kulkas Laboratorium dan Kulkas Medis

Model & Tipe:LF 1400
Voltase:220-240 Volt
Frekuensi:50/60 Hz
Daya Listrik:950 Watt
Refrigerant:R404a
Volume:1170 Liter
Jumlah Rak:6 Pcs
Temprature:-18 °/ -22 °C
Berat Mesin:190 Kg
Dimensi Mesin:1400 x 815 x 1980 mm
Harga:Rp 41.500.000