Air Blast Freezer By ASTRO

Deskripsi Blast Freezer

Blast Freezer adalah metode pembekuan yang berasal dari udara yang didinginkan. Kelebihan menggunakan alat atau mesin ini adalah memanfaatkan aliran konveksi sehingga efisien dalam menjangkau temperatur suhu dinginnya hingga ke bagian sudut. Koefisien pemindahan panas konvektif udaranya termasuk kecil sehingga pembekuan membutuhkan waktu yang cukup lama. Ruangan yang semakin besar membuat pemindahan kalor pun menjadi semakin lambat. Kontak langsung antara makanan dengan air yang mampu mengangkat kandungan air di dalam makanan tersebut menjadikannya mengalami penurunan berat itu bisa terjadi karena temperatur dan kelembaban yang mendukung.

Cara kerjanya menggunakan udara untuk memindahkan panas dari makanan yang dibekukan dengan sistem mendinginkan dengan metode pendingin komersial yang sering digunakan pada umumnya. Penggunaan konveksi dengan fans ini diperkenalkan karena tidak akan cukup jika hanya menggunakan cara yang alami untuk mengerjakannya. Membutuhkan aliran udara yang cukup tinggi agar mampu mengalirkan udara secara konsisten agar waktu pembekuan berlangsung dengan cepat.

Bagian Yang Terdapat Blast Freezer

Mesin yang dapt menghantarkan udara dingin ini terdiri dari berbagai peralatan yang berkaitan satu dan yang lainnya, antara lain:

  1. Body atau casis
  2. Kompressor
  3. Kondensor
  4. Evoprator

Cara Kerja Blast Freezer

Proses pendinginan menggunakan mesin kompressor yang sederhana dengan menekan terjadinya pengembunan yang ditransfer melalui klep ekspansi sebelum menuju ruangan evaporator. Evaporator sendiri merupakan bagian dari pendingin tersebut yang mempu menguapkan bahan makanan hingga ke suhu rendah. Di dalmnya tekanan dari refrigerant akan menjadi bertekanan rendah sehingga sejumlah suhu tinggi atau panas dapat dialirkan keluar. Itu bisa terjadi pada saat gas refrigran telah dihisap kompresor sedangkan kondensor hanya bertugas mentransfrer panas untu menjadi embun bersuhu dingin yang kemudian menjadi refrigrerant cair. Dan tugas yang selanjutlah baru akan dilakukan oleh kompresor yaitu menurunkan suhu untuk mengubah wujud dari bentuk es beku. Penguapan gas refrigerant atau pembekuan dengan cara ini sangat bagus untuk mengawetkan makanan karena tidak akan merupah rasanya.

Contoh cara kerja dari alat pembeku dalam membekukan ikan tuna ialah:

  1. Ikan tuna yang akan dibekukan disemprot menggunakan air dingin agar suhunya diturunkan hingga saat nanti akan dibekukan sehingga dapat menghindari terjadinya kerusakan pada ikan tuna.
  2. Ikan tuna lalu dimasukkan ke ruangan yang sisi-sisinya telah diinsulasi agar panas dari luar tidak bisa masuk. Ikan tersebut ditaruh dengan posisi digantung diatas 2 penyangga dengan menggunakan tali yang setiap penyangganya tadi mampu menopang 10 ikan tuna hingga berbobot 50 kg.
  3. Udara beku bersuhu sangat rendah hingga minus 600 derajad celsius ditiupkan dari gulungan pipa evaporator menuju permukaan ikan tuna dengan penggunaan kipas untuk mengedarkan ulang udara beku disaat proses pembekuan sedang berlangsung.
  4. Panas dari ikan tuna dan ruangan pembekuan serta penghantar panas menuju gulungan evaporator dilakukan dengan melakukan pengedaran udara secara ulang untuk pembekuan berlangsung.
  5. Yang pada akhirnya ikan tuna akan dikeluarkan dari ruangan untuk dipindahkan menuju cold storage.

Udara beku yang memeng diedarkan menggunakan kipas atau fan melalui gulungan pipa dari evaporator untuk membekukan ikan tuna. Sehingga pembekuan ikan dan juga ruangan tersebut mampu menghantarkan atau mentransfer panasnya ke gulungan evaporator yang dilakukan berulang secara terus menerus.

Macam-Macam Blast Freezer

Terdapat 2 macam atau jenis dari Blest Freezer yaitu Blast Freezer Berkesinambungan dan Blest Freezer Bertahap, sebagai berikut:

Blast Freezer Berkesinambungan bekerja dengan cara berkesinambungan yaitu ketika ikan tuna di bekukan akan ada ikan tuna baru untuk dimasukkan. Kejadian tersebut berulang bergantian secara terus-menurus. Ketika ikan tuna yang lebih dulu masuk sudah beku maka akan langsung dikeluarkan kemudian dalam waktu yang sama pula ada ikan tuna baru yang dimasukkan untuk dibekukan.

Blast Freezer Bertahap bekerja dengan tahap per tahap yaitu ikan tuna dimasukkan hingga memenuhi freezer baru setelah itu dikeluarkan semuanya setelah beku sempurna. Setelah proses selesai baru dilakukan pengisian ulang ikan tuna baru.