Mesin Pengolah Sagu

Mesin Pengolah Sagu

Saat ini sagu menjadi satu dari sekian banyak komoditas pangan yang cukup banyak dicari di Indonesia. Sagu tak lagi hanya digunakan sebagai makanan utama dari penduduk di wilayah Timur Indonesia saja, namun sudah meluas menjadi berbagai jenis makanan.

Banyaknya produk olahan yang bisa dihasilkan dari sagun membuat komoditas pangan yang satu ini menjadi laku di pasaran. Permintaan akan olahan sagu semakin meningkat setiap harinya. Hal itulah yang membuat mesin pengolahan sagu juga semakin dicari.

Manfaat Mesin Pengolahanan Sagu

Mesin pengolahan sagu adalah sebuah mesin yang akan sangat bermanfaat dalam proses menghasilkan produk – produk dari sagu. Mesin pengolahan sagu terdiri dari beberapa macam.

Pertama, mesin pemarut sagu. Mesin pemarut sagu akan  bekerja dengan memarut batang atau pelepah agar menjadi pecahan yang lebih kecil seperti serbuk gergaji. Dengan demikian proses pengambilan sari patinya akan menjadi lebih mudah.

Kedua, mesin ayakan sagu. Mesin ayakan sagu ini akan bekerja untuk mengayak sagu agar tepung sagu yang nantinya dihasilkan akan berkualitas baik. Mesin ini akan sangat dibutuhkan agar proses pengolahan sagu berjalan lebih cepat dan efisien.

Ketiga, mesin pengendap sagu. Hasil ayakan sagu  yang sudah dikerjakan dengan mesin ayakan sagu, akan diendapkan dengan menggunakan mesin pengendap sagu. Pengendapan adalah langkah terakhir dari proses pengolahan sagu sebelum menjadi tepung sagu.

Proses pengolahan sagu memang cukup panjang dan memakan waktu yang lama. Apalagi jika digunakan dengan cara tradisional dan manual. Untungnya saat ini telah terdapat mesin pengolahan sagu yang akan membuat produsen sagu dapat menghemat waktu dan juga tenaga. 

Peluang Usaha dengan Mesin Pengolahan Sagu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sagu saat ini menjadi salah satu bahan pangan yang dicari di Indonesia. Hasil olahan sagu dapat digunakan untuk banyak hal. Oleh karena itu peluang usaha yang berkaitan dengan komoditas oangan yang satu ini menjadi terbuka lebar.

Produk – produk olahan sagu antara lain:

  1. Soun. Anda tentu tau soun bukan? Makanan yang mirip dengan mie ini tak hanya dapat dibuat dari pati ubi atau singkong saja. Namun bisa juga dibuat dari pati sagu.
  2. Bihun. Anda tentu sudah akrab dengan bihun yang terbuat dari pati beras. Nah saat ini sudah banyak beredar bihun yang terbuat dari pati beras yang dicampur dengan pati sagu.
  3. Papeda, Papeda merupakan makanan yang terbuat dari sagu dan telah menjadi makanan khas di daerah Maluku dan Papua.
  4. Biskuit sagu, Anda mungkin belum pernah mendengar tentang makanan yang satu ini. Pati sagu dapat diolah menjadi biskuit, tentu saja dengan dicampur tepung terigu. Biskuit yang terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan pati sagu akan terasa lebih gurih dan renyah.
  5. Beras Analog, Beras analog merupakan beras alternatif yang terbuat dari non beras. Salah satu bahan baku pembuat beras analog ini ialah sagu.
  6. Kue sagu, Kalau yang ini tentu hampir semua tahu. Kue ini sering muncul saat hari – hari besar. Rasanya yang enak dan gurih membuat kue ini banyak disukai oleh masyarakat.

Banyak sekali bukan peluang usaha yang bisa anda dapatkan dengan memanfaatkan sagu? Dengan memiliki Mesin Pengolahan Sagu, anda akan bisa memperoleh hasil yang cukup banyak. Apalagi harga mesin pengolhan sagu juga tidak terlalu mahal.