Mesin Pengolah Minyak VCO

Mesin Pengolah Minyak VCO

Mengenal Mesin Pengolahan Minyak VPO Lebih Dekat

Mesin pengolahan minyak vco bukan hanya akan mempermudah proses pengolahan akan tetapi juga dapat menghasilkan olahan minyak VCO yang jauh lebih berkualitas. Harus diakui bahwa saat ini VCO menjadi produk yang sedang populer karena ternyata memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun kecantikan, hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya permintaan ekspor.

VCO adalah kependekan dari virgine coconut oli yang masuk dalam golongan minyak kelapa, hanya saja ada perbedaan antara VCO dengan minyak kelapa yang biasa kita temukan di pasaran. Minyak kelapa yang banyak beredar dipasaran umumnya terbuat dari buah kepala sawit atau kopra yang merupakan buah kepala yang sudah dikeringkan, setelah itu diolah menjadi minyak. Sedangkan VCO terbuat dari buah kelapa yang masih segar tanpa menggunakan bahan kimia, setelah itu diproses menjadi minyak tanpa melalui proses pemutihan, penyaringan dan pemanasan yang dapat menghilangkan manfaat utama dari minyak. Hal inilah yang membuat VCO juga disebut minyak kelapa yang masih murni.

Untuk menghasilkan VCO yang berkualitas dan bermanfaat diperlukan beberapa proses yaitu pemarutan kelapa, pemerasan santan, pemanasan santan, pendinginan cepat (kristalisasi), mesin mixer, sentrifugal vco, dan sampai proses evaporasi vakum. Agar proses tersebut bisa berjalan dengan cepat, maka diperlukan satu paket mesin yang bisa memperlancar proses tersebut. berikut ini paket mesin pengolahan minyak vco, yaitu :

  1. Mesin untuk memarut kelapa (kapasita besar)

Mesin ini berfungsi untuk memarut buah kepala dalam kapasitas besar, dan proses pemarutan akan lebih cepat

  1. Mesin untuk memeras parutan kelapa

Setelah proses pemarutan maka diperluan mesin yang berfungsi untuk memeras parutan tersebut, agar dihasilkan santan kelapa dengan hasil dan kecepatan yang maksimal. saat ini mesin pemeras sudah dilengkapi dengan reduser yang akan menghemat listrik.

  1. Mesin mixer pemanas

Setelah hasil parutan kelapa telah diperas, dan menghasilkan santan maka selanjutnya adalah memasukkan santan ke dalam mesin mixer pemanas VCO yang akan mengaduk santan sampai merata dengan suhu panas yang terkontrol. Mesin ini bisa digunakan untuk segala produk dan bahan cair.

  1. Mesin pendingin

Setelah didapatkan santan yang telah disterilkan dengan mesin mixer pemanas, maka proses selanjutnya adalah pendinginan dengan menggunakan mesin pendingin vco yang akan membuat santan benar-benar membeku dengan suhu dibawah 10 derajat celcius dan terjadi proses pengkristalan. Mesin ini akan memperoses bahan agar benar-benar higienis dan lebih mudah untuk mengambil hasilnya karena terdapat kran untuk mengambil hasilnya.

  1. Mesin mixer VCO

Setelah santan beku didalam mesin pendingin, maka selanjutnya adalah memasukkan santan ke dalam mesin mixer untuk diaduk sampai merata dan bisa memasuki proses pengkristalan santan. Mesin mixer memakai dynamo listrik, sehingga santan yang telah membeku dapat terproses dalam waktu singkat dengan hasil yang maksimal.

  1. Mesin sentrifugal

Selanjutnya adalah proses pemisahan antara cairan yang berbeda, seperti adanya kandungan air dan minyak pada saat proses pembuatan minyak kelapa murni (VCO). Setelah santan dilebur dengan mesin pelebur santan, hasil olahan dimasukkan kedalam wadah botol untuk kemudian diproses kedalam mesin sentrifugal. Tekan tombol on maka proses pengolahan serta pemisahan antara minyak dan air kaan berlangsung dengan cepat, setelah proses ini selesai maka minyak murni bisa kita dapatkan.

  1. Mesin evaporator vakum

Proses selanjutnya dan yang paling akhir adalah mengurangi kadar air VCO dengan memakai mesin evaporator. Mesin ini bekerja seperti mesin vacuum yang akan mengurangi kadar air, sehingga minyak murni dapat diambil dengan sempurna, Untuk mendapatkan paket mesin pengolahan minyak vco tersebut diatas Anda bisa membelinya secara online melalui website kami, sehingga Anda tidak perlu repot keluar rumah, terjebak kemacetan dan menghabiskan banyak waktu dan tenaga.