Mesin Pemecah Biji Kemiri

Mesin Pemecah Biji Kemiri

Indonesia menjadi negara yang terkenal akan berbagai jenis rempah-rempah. Selain sebagai pengekspor rempah-rempah di pasar internasional, berbagai jenis makanan tradisional khas Indonesia juga begitu identik dengan penambahan bumbu dapur yang dapat melezatkan sebuah makanan. Dari sekian banyak jenis rempah-rempah yang dihasilkan, kemiri menjadi salah satu yang cukup banyak digemari hal ini tidak terepas dari berbagai manfaat yang terkandung didalamnya. Selain untuk menambah cita rasa pada makanan, rempah-rempah ini juga banyak digunakan dalam industri kosmetik.

Ditengah semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap kemiri, dewasa ini semakin banyak saja pihak-pihak yang mencoba peruntungan mereka di bidang ini. Bagi Anda yang juga tertarik untuk membuka usaha pengolahan kemiri, maka mesin pemecah biji kemiri menjadi alat berkinerja tinggi yang sangat diperlukan untuk membantu mempermudah proses produksi kemiri.

Manfaat dan Fungsi Mesin Pemecah Biji Kemiri

Mesin pemecah kemiri merupakan alat yang digunakan untuk memecah kemiri hingga siap diolah. Dengan didukung teknologi tepat guna mesin yang satu ini dapat melepaskan atau memisahkan biji kemiri dari cangkangnya. Selain dengan menggunakan mesin, para petani kemiri sudah terlebih dahulu akrab dengan proses pemecahan biji kemiri secara manual namun cara ini perlahan-lahan mulai ditinggalkan karena dianggap tidak efektif.

Seperti yang kita ketahui bahwa lapisan yang membungkus atau melindungi biji kemiri memiliki tekstur yang kasar dan keras, sehingga dibutuhkan waktu yang relatif lama dan menguras energi yang cukup besar untuk dapat memisahkan biji kemiri dari cangkangnya. Berbeda halnya jika Anda menggunakan mesin. Mesin pemecah kemiri membuat proses pemecahan biji kemiri menjadi lebih mudah, lebih praktis dan lebih cepat dan yang lebih menyengkannya lagi hasil yang diperoleh sangat memuaskan.

Tips Merawat Mesin agar Awet

Kerusakan pada mesin menjadi peristiwa yang umum dialami tanpa terkecuali mesin pemecah biji kemiri , khususnya pada industri dengan tingkat produksi yang tinggi. Menggunakan mesin hampir setiap hari dengan periode kerja relatif lama, membuat mesin berpotensi besar mengalami kerusakan baik itu yang disebabkan oleh pengikisan, keretakan atau bahkan terlepasnya beberapa martil pada beberapa bagian mesin. Meskipun dinilai sebagai sesuatu yang wajar, sebenarnya peristiwa terjadinya kerusakan pada mesin dapat diminimalisir dengan melakukan perawatan yang dibutuhan mesin Anda.

Untuk memastikan mesin pemecah biji kemiri dapat bekerja secara optimal, sangat penting untuk merawat mesin secara berkala dimana perawatan ini dimaksudkan untuk menjaga mesin tetap awet dan tahan lama serta dapat digunakan kapan saja saat dibutuhkan. Adapun bentuk perawatan yang umum diberikan pada mesin adalah menggunakan mesin sesuai dengan prosedur yang tepat dan selalu membersihkan mesin setiap kali selesai digunakan.

Peluang Usaha Menggunakan Mesin Pemecah Biji Kemiri

Seperti yang sudah dibahas diawal bahwa tingginya kebutuhan akan kemiri menjadikan usaha pengolahan biji kemiri memiliki prospek yang besar untuk dapat berkembang. Namun proses memisahkan biji kemiri dari cangkangnya yang kasar dan keras menjadi kendala tersendiri dalam menjalankan bisnis ini. Mesin pemecah biji kemiri menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut dimana alat ini dapat pemecahan biji kemiri dengan lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan cara manual.

Selain dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya produksi, keuntungan yang bisa diperoleh juga jauh lebih besar dengan dihasilkannya biji kemiri berkualitas bagus. Dengan efisiensi kerja yang tinggi, secara otomatis produk produksinya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan cara manual dengan hasil pecahan yang jauh lebih bagus. Mesin dapat memisahkan biji kemiri dari kulitnya dengan sempurna.