Mixer KitchenAid Indonesia

Membuat Roti Menggunakan Mixer KitchenAid

Mixer KitchenAid
Mixer KitchenAid

Salah satu hal yang kurang diketahui dari penggunaan Mixer KitchenAid adalah membuat kue buatan rumah, yang selalu segar. Menggunakan kait pengaduk adonan dengan standar dari mesin mixer KitchenAid, anda bisa mengadoni adonan roti dengan cepat dan efisient. Sebuah adonan dasar roti putih dapat dicampur dan diadon dalam sebuah mesin mixer KitchenAid dan kemudian dipanggang menggunakan pinggan roti, gulungan atau hamburger dan kue hotdog. Menggunakan KitchenAid untuk membuat roti tidak pernah semudah ini. Anda bisa membuat roti favorit keluarga anda dan menikmati waktu akhir pekan dengan mencoba resep roti baru dan meningkatkan keahlian membuat roti anda. Berikut ini adalah petunjuk mengenai bagaimana membuat roti dengan mudah menggunakan mixer  KitchenAid.

Petunjuk Mencampur dan Mengadoni Roti Menggunakan Mixer KitchenAid

  1. Dalam sebuah panci kecil, aduk bersama-sama antara susu, gula, garam dan mentega, panaskan dengan api kecil hingga mentega meleleh dan gula larut bercampur dengan adonan. Dinginkan adonan campuran hingga hangat- hangat kuku. Sementara adonan susu mendingin, larutkan bahan kering pengembang dengan air hangat dan biarkan untuk kira-kira 10 menit.
  2. Dalam mangkuk KitchenAid, tambahkan campuran susu yang masih hangat-hangat kuku dan air hangat kira-kira 4 setengah cup gelas. Masukkan ke dalam mangkuk dan aduk adonan menggunakan mixer KitchenAid. Nyalakan mesin mixer ke kecepatan 2 dan aduk hingga satu menit. Aduk dengan menggunakan putaran yang teratur agar adonan cepat mengembang dan adonan tidak berantakan keseluruh bagian wadah/mangkuk.
  3. Dengan kecepatan mesin mixer KitchenAid pada kecepatan nomer 2, tambahkan tepung secara perlahan dan kocok  hingga adonan mencampur pada kait dan sisi pinggiran mangkuk bersih dari adonan. Adoni adonan pada kecepatan nomer 2 hingga dua menit kemudian, atau hingga adonan menjadi lembut dan lentur. Adonan akan menjadi kalis bila disentuh. Adonan kalis bila tidak lagi lengket dan mudah untuk dibentuk.  Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda sedang mengadoni adonan roti. Mengadoni adonan tak hanya sekedar mencampur bahan yang ada, namun juga perlu akan kelenturan yang menandakan bahwa bahan pengembang bekerja dengan baik. Dengan menggunakan mesin mixer  KitchenAid, maka anda bisa membuat adonan dengan baik tanpa perlu mengkahwatirkan adonan yang kurang baik.
  4. Pindahkan adonan ke dalam mangkuk dan tutup mangkuk dengan mengugunakan lap dapur yang bersih. Biarkan adonan hingga mengembang dalam suhu ruangan yang hangat kira- kira selama satu jam hingga adonan menjadi dua kali ukuran yang sebelumnya. Setelah satu jam dan adonan menjadi mengembang hingga dua kali ukuran, maka adonan  siap untuk dimasukkan dalam Loyang roti. Bila adonan tidak mengembang, maka ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebab, antara lain bahan pengembang ang sudah kadaluarsa, kurang waktu dalam penyimpanan serta terlalu panas suhu sehingga bakteri pengembang tidak bisa mengembangkan roti dengan baik.
  5. Pukul adonan kea rah bawah dan bagi menjadi dua adonan. Masukkan masing-masing bagian ke dalam cetakan roti dan masukkan ke dalam Loyang roti yang berukuran 8.5X 4.5X 2.5 inchi. Tutup dengan lap dapur bersih dan biarkan hingga mengembang dalam suhu ruangan yang hangat hingga menjadi dua kali ukurannya kira-kira dalam satu jam.
  6. Panggang dalam suhu 400 derajat Fahrenheit dalam waktu 30 menit. Pindahkan dari Loyang kue dengan segera dan dinginkan dalam rak tahan panas.

Buat kreasi dari adonan dasar roti di atas dan rasakan hasil yang lezat dari setiap kreasi anda di dapur. Jadilah ratu dapur yang mampu memanjakan keluarga dengan racikan roti anda yang lezat.

Tips dan Trick

Untuk membuat roti hamburger, bagi bagian menjadi 2.5 ons dan gulung setiap bagian menjadi bulat. Ratakan bulatan adonan menjadi piringan dan tempatkan dalam sebuah Loyang kue yang telah dibauri dengan tepung. Untuk membuat roti hot dog, bentuk menjadi bagian panjang dengan ukuran 5 atau 6 inchi dengan membuat keliman ke bawah. Lapisi dengan adonan putih telur dan campurkan dengan air lalu panggang hingga 12 atau 14 menit dengan panas 400 derajat Fahrenheit atau hingga roti menjadi kuning kecoklatan.