Mesin Pengupas Kulit Ari Kedelai

Mesin Pengupas Kulit Ari Kedelai

Mengolah Berbagai Macam Makanan Lezat dari Kedelai dengan Mesin Pengupas Ari Kedelai

Keledai yang paling banyak dibudidayakan adalah dari jenis Glycine max. Ini adalah keturunan domestik dari jenis moyang yang disebut dengan Glycine soja. Kedelai adalah tanaman yang paling sering tumbuh di wilayah Asia subtropik yakni seperti di Jepang dan Cina. Sedangkan budidaya Glycine soja lebih luas sampai ke wilayah Asia tropik. Kedelai merupakan tanaman yang peka dengan cahaya. Dalam cahaya yang agak rendah, batang dari kedelai akan tumbuh memanjang sehingga bentuknya seperti tanaman merambat. Kedelai biasanya dikembangkan di lahan sawah dan lahan kering atau disebut ladang. Budidaya tanaman ini biasanya dilakukan di akhir musim hujan setelah panen padi. Proses tanam cukup mudah karena tanah tidak perlu diproses terlalu lama. Biji kedelai dapat dimasukkan ke dalam lubang yang sudah dibuat dengan jarak 20-30 cm. Tanaman ini perlu dipupuk dengan fosfat dan nitrogen, tetapi saat tanaman tumbuh tidak perlu lagi dipupuk dengan nitrogen karena tidak akan memberikan manfaat apapun. Lahan yang sama sekali belum ditanami kedelai disarankan untuk diberikan starter berupa bakteri pengikat nitrogen yang disebut dengan Bradyrhizobium japonicum yang berguna untuk membantu perkembangan tumbuhan. Tanah harus dibersihkan dari tanaman pengganggu pada pemberian pupuk fosfat yang kedua. Saat akan berbunga, diperlukan pemupukan kalium.  Setelah panen, kedelai bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dan bahkan menjadi susu kedelai yang sangat, namun agar bisa dioleh kulit ari dari kedelai tersebut harus dibuang menggunakan mesin pengupas ari kedelai.

Mesin tersebut membuat kedelai sudah siap untuk diolah menjadi bahan utama makanan dan minuman karena banyak minuman dan makanan yang mengharuskan kulit ari kedelai dihilangkan sehingga bisa diproses. Mesin pengupas ari kedelai berfungsi untuk menghilangkan kulit kedelai dari biji kedelai. Mesin ini membuat banyak petani kedelai mudah mengupas kedelai. Perawatan mesin ini bisa dilakukan dengan membersihkan mesin pengupas dari kulit ari yang tersisa sehingga tidak akan menjadikan mesin berkarat. Di Indonesia, tanaman kedelai dijadikan sebagai sumber protein nabati yang paling utama sampai Indonesia harus mengimpor kedelai karena jumlah keperluan kedelai yang sangat besar. Indonesia memiliki jumlah konsumsi yang tinggi untuk kedelai putih dan kedelai putih bukan tanaman asli di daerah tropis sehingga produksi tanaman ini selalu lebih sedikit dibandingkan dengan Cina dan Jepang. Usaha domestikasi dan pemuliaan ternyata belum berhasil untuk mengubah sifat foto sensitif yang dimiliki oleh kedelai putih. Sedangkan kedelai hitam yang tidak memiliki sifat foto sensitif kurang memperoleh perhatian untuk proses pemuliaan, padahal kedelai hitam lebih sesuai untuk daerah tropis seperti Indonesia.

Kedelai dapat disebut dengan tanaman yang serbaguna karena akar kedelai mempunyai bintil yang mampu mengikat nitrogen bebas dan kedelai adalah tanaman dengan kandungan protein tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak dan pupuk hijau. Penggunaan utama dari tanaman kedelai adalah bagian biji karena biji kedelai mengandung banyak lemak dan protein serta gizi lain yang bermanfaat seperti lesitin, asam fitat, dan lain-lain. Biji kedelai bisa diolah menjadi tofu, taoco, kecap, tempe, susu kedelai, tepung kedelai, minyak kedelai yang menjadi bahan untuk menghasilkan biodiesel, pelarut, krayon, tinta, resin, kosmetik, plastik, dan sabun. Kedelai juga diproduksi untuk membuat makanan ringan. Ini memberikan peluang Anda untuk melirik kedelai sebagai usaha karena kedelai bisa dijual dengan harga yang tinggi atau diolah menjadi kuliner yang sehat dan jika Anda memiliki mesin pengupas ari kedelai, maka kedelai tersebut bisa diproses dengan lebih cepat.