Kompor Gas Murah Terbaru | Harga Kompor 1, 2 & 4 Tungku | Kompor Portable

Kompor Gas atau Gas Stove diadopsi dari bahasa Belanda, artinya adalah peralatan masak yang mengeluarkan panas tinggi.. Alat masak ini memiliki ruang terisolasi dari bagian luar sebagai tempat pemrosesan bahan bakar untuk memberikan tingkat pemanasan tertentu pada barang-barang yang ditempatkan di atasnya.

Api Biru Kompor Gas
Api Biru Kompor Gas

Jenis-Jenis Kompor

Kompor adalah peralatan masak utama yang wajib ada di ruang dapur Anda. Tanpa adanya alat ini, proses memasak pun menjadi lebih sulit. Orang-orang di zaman dulu, biasanya memasak memakai tungku. Proses masak-memasak menggunakan tungku sendiri merupakan proses yang tidak mudah. Supaya mudah menyala, maka tungku wajib berbahan dasar batu bara dan kayu bakar. Anda tentu bisa membayangkan seberapa besar usaha yang dikeluarkan hanya demi menyalakan tungku, terlebih lagi harus membesarkan atau mempertahankan nyala api.

Seiring perkembangannya, kompor di zaman sekarang hanya cukup diputar bagian knopnya saja untuk menyala. Belum lagi ada banyak inovasi sehingga membuat produk alat memasang ini semakin beragam. Jika Anda penasaran, berikut jenis-jenisnya!

Jenis Kompor Menurut Sumber Energinya

  • Kompor Gas

Kompor Gas Modena

Kompor gas merupakan alat masak yang banyak digemari, baik bagi pemula maupun yang handal. Jenis alat masak ini mempunyai pengaturan dengan tingkatan api lebih baik. Jika dibandingkan kompor listrik, kompor gas memiliki tingkatan api lebih mendetail. Selain itu, tingkatan apinya pun lebih mudah diatur. Untuk menurunkan besarnya api, biasanya knop hanya pelru diputar ke bagian kiri saja. Sedangkan putaran ke kanan sendiri bisa memperbesar api.

Memakai alat masak ini juga lebih menghemat pengeluaran. Kita bisa bayangkan berapa banyaknya jumlah tagihan listrik jika Anda memakai kompor listrik untuk sehari-hari. Hanya saja untuk membersihkan kompor gas sendiri lebih sulit dibandingkan dengan yang memakai listrik. Anda perlu membersihkan tiap-tiap bagian pada alat masak ini secara terpisah.

  • Kompor Listrik

Kompor Listrik Modena

Jenis alat ini bisa dikatakan cukup populer di kalangan masyarakat. Alat masak yang memanfaatkan energi listrik ini mempunyai permukaan yang flat, jadi terlihat lebih futuristik dan modern. Bentuk datar ini juga mempermudah para penggunanya saat membersihkannya. Jika dibandingkan alat memasak dengan memanfaatkan gas, kompor listrik lebih mudah dilakukan pemasangan. Berbeda dengan alat masak gas, tentu saja membutuhkan regulator dan selang saat memasangnya. Tapi, jenis kompor ini hanya cukup dipasangkan saja ke sumber listrik.

Ada 2 jenis permukaan yang terdapat pada alat masak ini, diantaranya ada yang memiliki permukaan halus dan ada pula yang terdapat kawat tembaga atau lilitan tembaga. Jika dilihat dari harganya sendiri, permukaan tembaga bisa dibilang lebih murah. Akan tetapi alat kompor listrik dengan permukaan halus tak akan terasa panas saat dipegang sebab bersifat induksi. Ini tentu saja sangat menguntungkan untuk Anda yang memiliki anak kecil.

Jenis Kompor Menurut Jumlah Tungkunya

  • Kompor Gas Satu Tungku

Kompor Gas 1 Tungku
Kompor Gas 1 Tungku

Jenis alat memasak ini cocok bagi Anda yang single atau tinggal sendiri. Orang-orang ini biasanya hanya memasak makanan tertentu yang lebih praktis dibuat. Seperti roti panggang, telur dadar, atau untuk memanaskan makanan-makanan instan. Akan tetapi, tak sedikit juga masyarakat yang memilih kompor jenis ini sebagai tambahan saja.

  • Kompor Gas Dua Tungku

Kompor Gas 2 Tungku
Kompor Gas 2 Tungku

Alat memasak dua tungku merupakan yang paling populer. Umumnya penggunanya beragam, mulai dari ibu rumah tangga sampai chef atau ahli memasak. Jenis kompor ini dapat digunakan untuk memasak apapun, baik satu jenis masakan ataupun 3 jenis makanan sekaligus. Pengguna dapat mengoptimalkan keberadaan dua tungku sekaligus tanpa menghabiskan banyak waktu.

  • Kompor Gas Empat Tungku Atau Lebih

Kompor Gas 6 Tungku
Kompor Gas 6 Tungku

Jenis kompor yang satu ini sering kita lihat saat menonton tayangan acara memasak di televisi. Dengan kata lain, kompor jenis ini sangat ideal bagi Anda yang gemar memasak. Terlebih lagi, jika Anda tak hanya memasak satu jenis masakan saja. Dikarenakan tungkunya ada banyak, maka proses memasak pun dapat dilakukan sekaligus. Ini tentu saja bisa lebih menghemat waktu Anda memasak.

Jenis Kompor Berdasarkan Desain

  • Kompor Gas Portable

Kompor Gas Portable
Kompor Gas Portable

Jenis alat memasak ini bisa dikatakan mudah dibongkar pasang. Contohnya kompor gas yang biasa digunakan di rumah-rumah. Alat memasak portable ini mempunyai harga lebih terjangkau dibandingkan alat memasak lainnya. Umumnya, kompor gas ini diletakan di meja dapur. Sedangkan tabung gas dan selang diletakkan di kolong meja. Supaya terlihat lebih rapi, maka selang bisa disembunyikan. Anda cukup melubangi meja lalu memasukkan selangnya saja ke belakang. Jenis kompor portabel ini banyak dibuat dengan model 2 tungku.

  • Kompor Gas Built In

Kompor Gas Built In
Kompor Gas Built In

Jenis alat memasak ini bisa dikatakan sebagai kompor yang dapat terpasan secara permanen. Ini disebabkan cara pemasangannya ditanam pada permukaan mejanya saja. Umumnya, meja tersebut memiliki ukuran yang lebih lebar dengan begitu bisa juga dipakai saat makan. Untuk permukaan kompor ini terlihat lebih rapi dibandingkan jenis lainnya. Pada tungkunya biasanya berjumlah 2 sampai 4 tungku. Tiap tungku mempunyai kapasitas api berbeda-beda. Sementara panjang pada built ini sekitar 60 cm-90 cm.

  • Kompor Gas Freestanding

Kompor Gas Freestanding
Kompor Gas Freestanding

Jenis ini merupakan jenis yang berukuran paling besar. Bahkan ukurannya bisa sampai sebesar ukuran mesin cuci. Jenis kompor gas ini adalah jenis yang bisa berdiri sendiri. Sehingga penataannya lebih mudah. Jenis ini mempunyai 4-6 tungku. Di samping itu, freestanding biasanya terdapat pelindung di bagian belakang. Adapun pelindung ini bertujuan untuk mencegah agar dinding dapur tak mudah kotor ataupun terpapar panas matahari.

Jika dibandingkan jenis portable, jenis freestanding sendiri lebih mahal. Meskipun begitu, kompor jenis ini mempunyai fungsi berlebih. Sebab selain terdapat tungku, ada pula oven yang terletak di bagian bawah. Dengan kata lain, jenis ini lebih praktis daripada jenis lainnya karena Anda tidak harus membeli oven lagi.

Tips Memilih Jenis Kompor

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih kompor, diantaranya :

  1. Kegunaan. Bagi Anda yang gemar memasak khususnya dalam jumlah yang banyak, maka pilihlah jenis yang menawarkan banyak tunggu. Sama halnya bagi Anda yang gemar memasak dan membuat kue, jenis freestanding bisa menjadi pertimbangan yang baik. Namun jika Anda tak begitu familiar dengan pemasangan gas, sebaiknya pilih jenis kompor listrik.
  2. Pemeliharaan dan Penggunaan. Kompor gas membutuhkan pemasangan yang jauh lebih rumit daripada listrik. Untuk itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara menghubungkan bagian kompor pada tabung gas. Anda juga harus mempertimbangkan apakah Anda mempunyai banyak waktu membersihkan jenis kompor portable yang umumnya lebih mudah kotor sampai ke bagian terdalamnya.
  3. Keamanan. Pada prinsipnya, semua jenis alat memasak ini aman. Hanya saja, Anda harus tahu bagaimana cara penggunaan dan pemasangannya dengan benar.
  4. Biaya. Faktor yang tak kalah pentingnya adalah biaya. Jika Anda salah memilih jenis kompor, tentu bisa menghabiskan banyak pengeluaran. Terlebih lagi untuk kompor listrik, jika terlalu sering dipakai bisa merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar tagihan listrik di rumah.

Itu adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih kompor. Dengan memilih jenis yang tepat, pemakaian alat memasak ini pun menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut daftar harga kompor gas murah terbaru dari ASTRO. Dengan pilihan kompor 1 tungku, 2 tungku, 4 tungku hingga pilihan kompor portable & kompor listrik / Induksi.